Jumat, 06 April 2012

Mekanisme Kliring, Transfer, dan Portofolio Keuangan

Nama : Dhani Pradhita
Kelas : 3EA14
NPM  : 12209277




1. Mekanisme Kliring

Jasa Bank :
-        Kliring
-        Transfer
-        Inkaso
-        L / C
-        Bank Garansi
-        Sefe Deposit Box

 
 Peristiwa kliring/ mekanisme kliring:


Penjelasnnya:
Atun merupakan nasabah dari bank karman Jakarta sedangkan ali merupakan nasabah dari bank siti Jakarta. Atun mempunyai tabungan pada Bank Karman sedangkan ali mempunyai giro pada Bank Siti. Pada saat itu terjadi transaksi antara atun dan ali, atun memberikan cek sebesar 50 juta terhadap ali dan seharusnya atun mencairkan ceknya ke bank siti yang merupakan tempat dimana ali mempunyai giro tetapi atun tidak mau mencairkan ceknya melalui bank siti. Atun ingin mencairkan ceknya melalui bank karman yang merupakan tempat atun membuka tabungan. Tetapi untuk mencairkan cek ke bank yang berbeda (Bank Karman ke Bank Siti) membutuhkan perantara dan yang menjadi perantaranya yaitu Bank Indonesia. Bank Indonesia bersedia menjadi perantara antara Bank Kasman dan Bank Siti tetapi dengan syarat ali dan atun mempunyai simpanan uang di BI dan nama simpanannya yaitu rekening Koran (R/K pada BI). Bank Indonesia memberikan batasan minimal simpanan ali dan atun yaitu minimal sebesar 8%. 
 


Kemudian atun mencairkan ceknya ke Bank BI yang disebut nota kredit keluar dan surat yang dikeluarkan dari Bank BI ke Bank Siti disebut nota debet masuk. Setelah proses tersebut berlangsung, akhirnya atun dapat mencairkan ceknya lewat BI dan nama suratnya  yaitu nota debet keluar sedangkan surat yang dikeluarkan oleh Bank Siti ke Bank BI disebut nota kredit masuk. Nota debet merupakan surat penagihan, nota debet terjadi jika karman mencairkan cek dari bank lain. Contohnya seperti kasus di atas.
Apabila Siti kalah kliring maka :
·         Nota debet keluar (NDK) akan bertambah
·         Nota debet masuk (NDM) akan berkurang
·         Nota kredit keluar (NKK) akan berkurang
·         Nota kredit masuk (NKM akan bertambah
·         Nota debet keluar (NDK) akan bertambah
Apabila Siti kalah kliring, maka dia harus meminjam ke bank lain dengan nama call money. Call money merupakan pinjaman antar bank karena pristiwa kliring.



2. Mekanisme Transfer
Syarat Bank  Umum :
  1. Financial Intermediatery
  2. Lalu lintas Moneter 


Melakukan transfer menggunakan Rekening antar kantor (RAK). Siti dan Karman dapat melakukan kliring jika sama-sama berada di wilayah Jakarta. Jika berbeda daerah, itu dinamakan Transfer.


  • Transfer terjadi kalau bank nya sama tetapi beda kantor.
  • Kliring terjadi kalau bank nya sama dan wilayahnya sama.



 3. Portofolio Keuangan


  • Kalau bank kalah kliring maka bank akan mengeluarkan KLBI (Kredit Likuiditas Bank Indonesia).
  • Cek bisa tunai dan bilyet giro tidak bisa tunai
  • Bank umum bisa simpanan giro karena bisa melayani lalu lintas moneter tetapi bukan bank umum tidak bisa simpaan giro.
  • LDR (Loan to Deposit Ratio)
Peraturannya kredit maksimal 110% dari deposit, 110% ditutup dari modal masing-masing bank.
LDR mengandung dua pengertian :
  1. Multiplier : bank sebagai multiplier dari fungsi keuangan, pengganda uang.
  2. Kehati-hatian : bahwa setiap kredit yang disalurkan harus memasukkan modal dari bank tersebut

Liabilities

Deposit (Dana pihak ketiga) terdiri dari :
1.      Tabungan (saving deposit)
2.      Giro (demand deposit)
3.      Deposito (time deposit)

Securities (Dana pihak kedua) terdiri dari :
1.      Kredit Likuiditas BI (KLBI)
2.      Call money
3.      Pinjam holding
4.      Obligasi

Capital (Dana pihak pertama) terdiri dari :
1.      Stock / Saham

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus