Selasa, 11 Januari 2011

Kendala UKM Memasuki Pasar Modal


Berkembangnya berbagai peluang bisnis saat ini, membuat persaingan pun semakin meningkat. Berbagai strategi dilakukan para pelaku usaha, untuk memasarkan produknya agar tidak tenggelam ditengah persaingan yang ada di pasar dalam negeri. Mencoba masuk ke pasar global, merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pemasaran. Cara ini juga sering dilakukan para UKM, untuk meningkatkan laba dan penjualan ditengah persaingan pasar.
Ketatnya pasar dalam negeri, membuat sebagian pelaku UKM memanfaatkan pasar global yang masih terbuka peluang lebar. Namun untuk memasuki pasar global pun tidak mudah, karena strategi pemasaran di luar negeri berbeda dengan pemasaran bisnis di pasar local. Sehingga ada beberapa hal yang menjadi kendala UKM memasuki pasar global, berikut informasi selengkapnya :

Budaya
Mungkin anda sudah mengenal budaya Indonesia, namun apa anda mengenal budaya negara lain? Oleh karena itu, sebelum memasuki pasar di sebuah negara, sebaiknya anda mencari tahu perbedaan budaya pasar dan perilaku konsumen dari negara tersebut.

Peraturan
Perhatikan peraturan pemasaran yang ada di suatu negara, karena setiap negara memiliki aturan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan. Bisa jadi di negara kita strategi pemasaran tersebut diperbolehkan, tapi di negara lain ada peraturan yang melarang strategi itu. Tentu ini akan memberikan image buruk bagi produk anda bukan?

Komunikasi
Gaya bahasa di setiap negara memang berbeda, karena memiliki bahasa negara yang berbeda. Agar pemasaran anda bisa efektif, pelajari bahasa dan logat dialog masyarakat di negara yang akan anda tuju. Sehingga gaya bahasa pemasaran anda bisa diterima masyarakat setempat, dan tidak menyinggung konsumen.

Ekonomi
Tingkat perekonomian yang berbeda, juga mempengaruhi daya beli konsumen akan sebuah produk. Bisa jadi produk anda menjadi kualitas terbaik di pasar local, namun di pasar global produk anda belum tentu menjadi produk unggulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar